Apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan kilogram?

Untuk membahas hal ini, kita perlu tahu tentang pengukuran dan satuan. Tapi jangan kuatir. kita tidak akan membahas terlalu dalam. hehe... mundak mumet.
Hal ini berlaku tidak hanya untuk kilogram, tetapi juga satuan-satuan lainnya, seperti meter dan detik. Dah siap untuk membahas? Yuk cuss...

Seberapakah berat Anda? Bagaimana cara mengukurnya? Sah sah saja Anda mengatakan bahwa berat Anda setara dengan tiga buah galon air. Tapi masalahnya, apakah semua galon berisi air dengan jumlah yang sama? Jelas tidak kan. Apalagi jika kita mengatakan kepada orang yang tidak pernah melihat galon air seumur hidupnya. 

Dan lagi, tidak mungkin kan kita membawa galon berisi air jika Pak Mantri, Pak dokter, atau Mba-Mba perawat  menanyakan berat badan kita. 

Intinya, boleh saja sih membandingkan berat kita dengan galon berisi air. Tapi tidak berlaku secara internasional. Itu! 

Ribet juga ya jika harus membandingkan berat tubuh kita dengan galon. Jadi galon dech... eh galau.

Maka dari itu perlu ada satuan yang disepakati di penjuru dunia. Dan kilogram adalah satuan yang umum digunakan. Satu kilogram yang disepakati bersama adalah sebanding dengan massa dari campuran platina iridium yang sekarang disimpan di International Bureau of Weight and Measures di Perancis[1]. Jadi kilogram di timbangan pasar ataupun di tempat lain, secara langsung atau tidak langsung, sudah dibandingkan dengan benda tersebut. Intinya pembandingan yang telah disepakati.

Campuran platina iridium yang dijadikan sebagai standar kilogram
credit www.bipm.org

Lalu bagaimana dengan satuan yang lain? Ya sama. Intinya pembandingan. Meter yang kita ketahui sekarang adalah sebanding dengan jarak antara dua garisan pada batang platinum-iridium yang  sekarang disimpan di Perancis. Tepatnya di Sevres. Dan semua alat ukur, termasuk penggaris kita dibandingkan dengan benda tersebut. 

Sudah dapat poinnya kan? Intinya hanya pembandingan yang telah disepakati.


Tapi please, jangan bandingkan saya dengan Cristiano Ronaldo ya… meski wajah kami mirip.  

[1] Brady JE, Pudjaat AH. Kimia universitas: asas dan struktur. Penerbit Erlangga; 1994.

0 komentar:

Posting Komentar