Misteri Mobil Goyang di SPBU

Pembahasan misteri saat ini sedang ramai-ramainya. Eh sek, masih ramai ga sih? Tapi setidaknya banyak kolom misteri yang mendapatkan perhatian lebih dibandingkan kolom lainnya. Mungkin orang sekarang lebih senang bahas hantu dibandingkan pembahasan lainnya. 

Tapi sebagai kolom yang membahas sains, akuingintahu.com tetap konsisten membahas tentang sains. Tapi kali ini membahas tentang misteri mobil goyang. 
Mobil goyang... Mungkin terjadi karena mobilnya ikut dangdutan. Tarik masss....
sumber gambar: viva.co.id

Saat di pom bensin, seringkali saya melihat mobil yang goyang-goyang. Ternyata tidak hanya mobil, kadang motor goyang pun sering saya lihat. Kenapa bisa seperti itu dan apa yang sebenarnya terjadi? Tetap baca artikel ini hingga akhir ya!

Mobil atau motor kadang digoyangkan oleh orang yang sedang mengisi bahan bakar. Saat ditanya, orang tersebut melakukan itu agar bahan bakar yang diisi bisa masuk ke sela-sela tangki dan alhasil tangki bisa terisi lebih banyak bahan bakar. Apakah ini benar? atau sekedar mitos atau bahkan dogma?

Baiklah. ini sebenarnya sesuatu yang sederhana dan dasar. Tapi ya tidak apa-apa kita bahas. Kadang yang sederhana itulah yang sering terlewatkan. 

Setidaknya, benda di alam ini dapat dibagi menjadi 3 wujud, yaitu, padat, cair, dan gas. Bensin merupakan benda yang berwujud cair. Nah, jika dibandingkan dengan benda yang berwujud padat, benda berwujud cair akan lebih masuk ke sela-sela. Jika kita memasukkan beras ke dalam suatu wadah, mungkin kita perlu menggoyang-goyangkannya agar lebih merata dan bisa memuat lebih banyak. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi bensin yang berbentuk cair. 

Bensin bisa masuk ke sela-sela tangki tanpa harus digoyang-goyang. Lebih baik kita membiarkannya masuk ke tangki dengan tenang tanpa harus menggoyang-goyangkannya. Jika kita menggoyangkannya, bensin bisa tumpah dan berakibat bensin yang masuk ke tangki lebih sedikit. 

Itu saja tulisan kali ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya. 



2 comments