Unsur Kekinian


Seperti yang pernah saya sampaikan pada artikel avatar dalam teori penyusun alam, saya akan melanjutkan artikel kali ini dengan membahas tentang unsur penyusun alam ini.

Sebelum memasuki materi ini, saya jadi kepikiran, banyak orang yang tertukar tentang istilah unsur dan atom. Gampangnya gini deh, unsur merupakan golongan yang terdiri dari atom-atom. Emang beda ya antar atom-atom dari unsur yang sama? Iyaps. Misalnya atom-atom oksigen ada yang memiliki nomor massa 16, 17, dan 18. Beda kan? Tapi atom-atom tersebut memiliki kesamaan, yaitu nomor atom 8.

Apakah anda sudah mulai pusing? Hehehe... kalau pusing abaikan saja. Tapi mon maap, mungkin saya akan menggunakan istilah unsur dan atom secara bersamaan. 
 
Setidaknya ada 118 unsur di alam ini yang menyusun benda-benda di sekitar kita, baik benda hidup maupun benda mati. Tapi yakinlah, cintaku padamu selalu hidup dan tak akan pernah mati. Ea ea...
Sumber gambar: gizmodo.com

Sejauh ini, setidaknya ada 118 unsur di alam ini. Mungkin sebagian anda sudah kenal-kenal dengan namanya. Oksigen, karbon, nitrogen, hidrogen, emas, perak, dan besi merupakan nama-nama unsur yang cukup populer dan biasa anda dengar dalam sehari-hari.

Berarti air, tanah, api, dan udara bukan unsur? Betul. 

Air tersusun dari dua jenis unsur yang berbeda, hidrogen dan oksigen (baca: air dan api musuh atau sahabat).
Tanah? Hemm... cukup rumit menjelaskan unsur penyusun tanah, banyak banget.
Api? Api bukanlah unsur. Api merupakan hasil dari reaksi pembakaran. Api bukanlah materi karena tidak memenuhi syarat materi, memiliki massa.
Udara? Ada banyak unsur penyusun udara. Tapi, udara yang bersih tersusun kurang lebih dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan sisanya terdiri dari unsur-unsur lainnya.

Sudah mulai cerah? Intinya gini, air, tanah, dan udara tersusun dari unsur-unsur yang berbeda. Sedangkan api bukanlah unsur. 

Lalu bagaimana dengan alam ini? Hemm... alam ini isinya banyak sekali. Jika kita bahas akan sangat banyak (baca: ada lubang tapi di mana pinggirnya? dan jamu ini tidak mengandung bahan kimia, yakin?). Gini aja, lihat benda-benda di sekitar kita. Gula yang ditambahkan pada teh kita, tersusun dari unsur karbon, hidrogen, dan oksigen. Garam yang melengkapi sayur kita, tersusun dari natrium dan klorida. Lalu bagaimana dengan kamu yang melengkapi hidupku, tersusun dari cinta dan kasih sayang. Ea ea....

Aku dan kamu tersusun dari bahan kimia, dan kita memiliki chemistry yang kuat...

Referensi: Hewitt, Paul G., Suzanne Lyons, John Suchocki, and Jennifer Yeh. Conceptual integrated science. Pearson Education Limited, 2014.

G+

0 komentar:

Posting Komentar